02
Mar
09

wisata magelang

Pada Episode ini , team Wisata Ransel akan menayangkan liputan khusus tentang Wisata Candi yang berada di Kota Magelang.

Magelang yang merupakan kota candi, memang memiliki berbagai macam candi yang terdapat di daerah sekitarnya, menyajikan suatu sensasi yang sangat fenomenal, ada Candi Gunung Wukir, Mendut, Pawon , Ngawen dan banyak lagi yang dapat kita nikmati akan keindahan di tiap sisi kehidupan terdahulunya.

Candi Gunung Wukir
Candi gunung wukir ini terletak di dusun Carikan, desa kadiluwih dikecamatan salam kabupaten magelang dengan ketinggian 330 di atas permukaan laut. Candi ini tepatnya berada diatas bukit GunungWukir dari lereng Gunung Merapi pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Candi Ngawen

Di Candi Ngawen ini terdapat 5 candi kecil, dua diantaranya mempunyai bentuk yang berbeda dengan dihiasi oleh patung singa pada ke empat sudutnya, dan disalah satunya terdapat patung budha dengan posisi duduk Ratnasambawa didalamnya.

Candi Ngawen adalah Candi Budha yang berada kira-kira 5 km sebelum Candi Mendut dari arah Yogyakarta yaitu di desa Ngawen, kecamatan Mutilan, Magelang, Menurut perkiraan candi ini dibangun oleh warga Syailendra.

Candi Pawon

Candi yang terletak 1,5 km ke arah barat dari Candi Mendut dan ke arah timur dari Candi Borobudur, juga merupakan sebuah candi Budha. Pada saat diteliti secara lengkap pada reliefnya, Candi Pawon ini ternyata merupakan permulaan relief Candi Borobudur.

Menurut Poerbatjaraka, Candi Pawon adalah Upa Angga, artinya bagian dari Borobudur, seperti pawon adalah bagian dari sebuah rumah. Sementara itu ahli epigrafi Casparis berpendapat bahwa Candi Pawon adalah tempat pemakaman raja Indra yang memerintah tahun 782 – 812 Masehi. Candi Pawon dahulunya merupakan tempat menyimpan abu sisa pembakaran jenazah raja Indra. Untuk memperingati raja Indra yang berkedudukan sederajad dengan Bodhisattva, maka dalam candi ini ditempatkan arca Bodhisattva yang memakai atribut vajra, artinya bersinar, merupakan senjata Bodhisattva.

Candi Mendut

Candi yang terletak di desa Mendut, kecamatan Mungkid, Magelang. Candi Mendut adalah bangunan candi berlatar belakang agama Budha, didirikan oleh Raja Indra, raja pertama dari Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi.

Di Candi Mendut ini Pada bagian kakinya terdapat selasar atau jalan untuk mengelilingi candi dihiasi dengan ornamen-ornamen bermotifkan bunga. Dan Pada tubuh candinya di penuhi dengan berbagai hiasan, baik binatang, bunga, maupun arca-arca.

Keunikan Mendut dibanding candi-candi lain di Jawa bahkan di Indonesia, antara lain pada pintu masuknya yang menghadap ke barat laut. Sebab kebanyakan candi menghadap ke timur. Selain itu di bilik candi terdapat 3 arca dengan ukuran cukup besar. Masing-masing terbuat dari bongkahan batu utuh.
Tiga arca tersebut makin menguatkan kekaguman betapa hebat karya seni nenek-moyang bangsa Indonesia. Ketiga arca tersebut adalah :
1. Cakyamuni yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma.
2. Awalokiteswara sebagai Bodhi Satwa membantu umat manusia
Awalokiteswara merupakan patung amitabha yang berada di atas mahkotanya, Vajrapani. Ia sedang memegang bunga teratai merah yang diletakkan di atas telapak tangan.
3. Maitreya sebagai penyelamat manusia di masa depan


0 Responses to “wisata magelang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


kalender

March 2009
M T W T F S S
     
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

RSS berita

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS berita2

RSS soccer

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: